Sabtu, 04 Juni 2016

[SHORT REVIEW] DAILY LIFE OF CLUMSY TOMOKO: PETUALANGAN SEHARI-HARI SI INTROVERT


Judul: Daily Life of Clumsy Tomoko (Tsuyokina Shoshinmono chan)
Pengarang: Tomoko Suzuki
Penerbit: Haru
Penerjemah: Norma Gesita
Jumlah halaman: 134 halaman
ISBN: 978-602-7742-55-0
Cetakan 1, September 2015
Segmen: Remaja
Genre: Komik, manga

Si penakut itu suka salah persepsi. Karena itu, malah jadi berani bertindak. 
Sebelum menulis review ini, saya mencari tahu dulu arti dari kata clumsy yang menjadi salah satu kata dalam kalimat judul novel ini. Di gugel translate sendiri pengertian makna clumsy bisa berarti ceroboh, canggung, kikuk, kaku, janggal, kagok, lamban, culas. Namun kalau sudah baca buku ini mungkin translate yang paling mendekati adalah canggung atau kikuk. 

Salah satu alasan saya membeli buku ini adalah karena sepertinya karakter tokoh utamanya mirip saya. Hehehe. Selain itu bacaan komik ini juga tipis, cocok untuk dibawa kemana-mana karena nggak berat. 

Komiknya sendiri berisi kumpulan sketsa keseharian dari seorang tokoh bernama Tomoko, yang saya curiga adalah pengarangnya sendiri yang juga bernama Tomoko. Yang pasti saat membaca Tomoko, saya sangat merasa "gue banget" atau sangat relate walau untuk beberapa bagian, saya mungkin lebih cuek daripada Tomoko atau saya merasa Tomoko terlalu berlebihan. 

Persoalan Tomoko kalau dilihat sebenarnya sangat sederhana, yaitu terlalu overthinking mengenai segala hal. Kalau diibaratkan emosi seperti dalam film Inside Out, jelas emosi Fear atau rasa takut mendominasi hidup Tomoko. Sehingga kejadian-kejadian sepele dalam hidup Tomoko pun terasa mendebarkan. 

Kalau kepribadian pembaca komik ini introvert, saya rasa mereka akan bisa relate dengan kisah Tomoko, tapi kalau seorang ekstrovert, mungkin akan menganggap kisah hidup Tomoko itu lucu dan konyol. 

Tapi ada baiknya juga memiliki karakter seperti Tomoko, karena akan membuat seseorang menjadi lebih berhati-hati dan menjaga tindakannya terhadap orang lain karena takut akan membuat orang tersebut menjadi kesal alias orang yang sungkanan. 

Sekian review singkat saya. Yang pasti karena ringan dan tipis, buku ini cocok kalau mau dibawa jalan-jalan atau traveling.

Warm regards,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...