Rabu, 20 April 2016

TRIO DETEKTIF #1: MISTERI PURI SETAN



Judul: Misteri Puri Setan (Trio Detektif #1)
Pengarang: Robert Arthur
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Penerjemah: Agus Setiadi
Jumlah halaman: 216 halaman
ISBN: 978-602-03-0595-0
Cetakan 1, Juli 2014
Segmen: Anak-anak, remaja
Genre: Misteri, detektif, petualangan

The New Old Brand. 

Saya masih ingat, saya pernah membuat Wishful Wednesday yang wish-nya ingin beberapa buku-buku lama di cetak ulang oleh Gramedia. Buku-buku lama yang saya maksud adalah buku-buku masa kecil yang akibat keterbatasan dana, belum kesampaian saya baca. Salah satu buku yang saya "wish" untuk dicetul lagi adalah seri Trio Detektif.

Seri Trio Detektif adalah seri yang lumayan populer kalau dilihat dari banyaknya jumlah seri yang diterbitkan oleh GPU. Dan tahun 2014, keinginan saya dikabulkan dengan dicetak ulangnya seri ini.

Kalau saya cek, sejauh ini GPU sudah menerbitkan hingga 10 seri buku Trio Detektif (silakan koreksi kalau saya salah).

Buku pertamanya Trio Detektif adalah Misteri Puri Setan. BTW, ada yang sedikit berubah, yaitu endorser buku ini. Dulu seingat saya Alfred Hitchcock, sekarang berubah menjadi Alfred Hitfield. Mungkin hal ini lebih berkaitan dengan lisensi atau copyright.

Sinopsis:

Tiga orang pemuda yang terdiri atas Jupiter Jones, Pete Crenshaw dan Bob Andrews memulai usaha mereka membangun Biro Deteltif yang diberi nama Trio Detektif, sesuai dengan jumlah anggota mereka. 

Usaha baru tentu sangat membutuhkan publisitas. Karena itu, Jupiter Jones (Jupe) ingin meminta bantuan salah satu sutradara Hollywood terkenal, Alfred Hitfield untuk membuka kasus pertama mereka. Alfred Hitfield sedang mencari tempat paling berhantu untuk tempat syuting filmnya. Ia memberi tantangan pada Trio Detektif untuk mencari tempat paling seram yang pernah ada, dan Trio Detektif pun harus bisa membuktikan bahwa tempat itu memang seram dan sungguh berhantu. 

Kebetulan di kota itu, ada sebuah puri yang disebut puri setan karena tidak ada orang yang tahan untuk tinggal di sana meski hanya untuk semalam saja akibat banyak teror dari para hantu. Akibatnya selama bertahun-tahun, tidak ada yang berani menghuni puri tersebut. Trio Detektif pun harus mencari tahu mengenai misteri puri setan tersebut. Apakah benar-benar ada setan di puri tersebut?

What I thought about it:


Sejak awal saya sudah tahu kalau Trio Detektif murni buku misteri atau pemecahan logika tanpa unsur supranatural. Jadi meski punya judul yang seram (Misteri Puri Setan), saya tahu kalau ceritanya tidak akan seram sama sekali.

Saya juga sempat mengira target buku ini adalah YA (dewasa muda) atau remaja, namun selesai membacanya, saya pikir buku ini lebih cocok untuk anak-anak. Mulai dari gaya penuturan, plot, pemecahan masalah, karakter antagonis, lebih cocok untuk anak-anak.

Meski suka buku anak, namun saya akui kalau terlalu anak-anak banget, saya juga cenderung merasa bosan saat membacanya. Seperti awal dari buku Trio Detektif, yang pengenalan akan karakter, cukup membuat saya merasa bosan saat membacanya. (Mungkin akan beda, seandainya saya membaca ini saat SMP atau SMU).

Kasus
Pun mengenai kasus dalam misteri pertama Trio Detektif menurut saya biasa saja. Penyelidikannya cenderung berjalan cukup lamban yang berpotensi membuat pembaca jenuh, apalagi untuk mereka yang terbiasa membaca buku-buku detektif yang lebih berat atau dewasa. Mungkin merasa kasusnya sangat cemen. Tapi karena target buku ini middle grade, saya kira okelah.

Namun satu hal yang saya suka dari buku detektif adalah pembaca selalu diajak untuk berpikir teliti, cermat dalam melihat setiap kejanggalan kecil.

Meski secara kasus tidak istimewa, satu hal yang menurut saya menjadi kelebihan buku ini adalah karakternya. Walau untuk buku pertamanya baru Jupe alias Jupiter Jones saja yang paling menonjol. Sifat Jupe yang keras kepala, terkadang bikin salut dan terkadang juga menyebalkan karena membuatnya jadi bossy.

Untuk buku pertama Trio Detektif ini masih sebatas oke saja menurut saya, sama seperti buku pertama seri Poirot AC.

Salam hangat,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...