Jumat, 17 April 2015

AROUND THE GENRE IN 30 DAYS - THE END

Akhirnya selesai sudah event online acara ultah BBI. Jujur, saya sedang tidak ada ide apa yang mau saya tulis untuk posting penutupan ini. Tapi saya coba dari ucapan terimakasih dulu yah. 

Pertama, saya mengucapkan terimakasih untuk seluruh tim divisi event yang setiap tahun selalu bekerja keras mengeluarkan ide baru pada setiap ultah BBI disamping ciri khas GA Hop tentunya. 

Saya ingat, saya gabung BBI pada tahun 2013, di mana Bebi menginjak usia 2 tahun dan juga tahun di mana BBI mulai ada kepengurusan tetap dan salah satu acara ultahnya adalah close up interview terhadap sesama anggota BBI. Suatu acara yang tepat, karena sesama member tentu harus saling mengenal dahulu supaya lebih akrab untuk kedepannya. Tamu interview pertama saya adalah Orinthia Lee yang sekarang sukses jadi penulis dan saya sendiri di interview oleh Mbak Andrea yang sekarang juga kebetulan satu  grup sama saya di event ATG grup SFF,  

Lalu tahun 2014, di ultah Bebi yang ke-3, divisi event membuat acara guest posting di mana para anggota BBI saling menulis artikel atau opini apapun mengenai sesuatu yang berkaitan dengan buku dalam blog anggota BBI yang lain. Saya sendiri kebagian menjadi tamu di blog Siro (Review Siro) dan sebaliknya, saya menjadi tuan rumah untuk Winda [roem:pi boekoe]

Dan pada ultah Bebi yang ke-4, divisi event seolah mengetahui bahwa dengan bertambah usia, maka pembahasan blog juga harus lebih advance atau mungkin istilahnya, tidak sekedar beropini pribadi tapi juga melakukan suatu riset terlebih dahulu. Maka dibuatlah event Around The Genre ini. Yap, karena saat membahas genre, kami jelas tidak bisa sembarangan beropini, jadi mau tidak mau kami harus meriset kecil-kecilan mengenai tema genre yang kami bahas. Dan saya akui, sebagai omni reader saya sangat suka event ATG ini, karena pengetahuan saya jadi bertambah cukup banyak seputar genre. Saya bahkan tidak tahu ada genre dieselpunk kalau bukan karena ATG ini, Begitupun dengan grup lain seperti CLYA yang membuat saya jadi tahu apa itu realistic fiction, lalu rekomendasi buku yang membahas anak-anak berkebutuhan khusus, rekomendasi buku Newbery dll. Begitupun dengan romance, saya jadi lebih tahu mengenai historical romance, domestic romance, romantic suspense, dll. 


Kedua, saya juga sangat menikmati bekerja sama bersama anak-anak dari grup Science-fiction and Fantasy. Saya senang bisa menjadi bagian dari suatu acara grup (meski hanya grup kecil dan tidak permanen) dan turut membantu menyumbangkan sedikit ide atau pun men-sharing link seputar GA, mengingat saya selama ini cenderung pasif dalam berbagai jenis kegiatan. 

Ini pertama kalinya saya bergabung dalam GA kelompok, karena sebelumnya saya tidak pernah mengikuti GA event ultah bulan atau lainnya dan saya akui ini cukup menyenangkan karena meski berkelompok tapi tetap ada ciri khas dari GA para anggota dan saya jadi lebih tahu mekanisme berorganisasi di mana segala sesuatu harus dirundingkan dulu dan mencapai kesepakatan. FYI, saya sebenarnya mendapat tema bahasan High Fantasy, untung Kang Opan bersedia menukar hasil undiannya (dystopia) dengan saya :D

Ketiga,  untuk saran kepada tim divisi event, mungkin sama seperti yang lain. Beberapa pembaca mungkin sadar bahwa ada beberapa genre yang tidak dibahas seperti klasik, historical fiction, thriller, horror, mysteri, dll, Hal itu dikarenakan  adanya kuota dari setiap grup genre dan beberapa genre ternyata tidak cukup kuota meski ada BBiers yang ingin membahasnya. Menurut saya pribadi seandainya hanya ada 1 orang sekalipun yang mau membahas genre tersebut, selama syarat utama yaitu menjadi partisipan host GA Hop dan membahas sesuatu yang berkaitan dengan genre tetap dilaksanakan, maka tidak apa-apa. Untuk saya pribadi, seandainya tidak masuk ke grup fantasi, mungkin saya akan bergabung dengan grup CLYA atau membahas historical fiction, LOL sangat berbeda jauh dengan fantasi bukan. 

Akhir kalimat, Selamat ulang tahun BBI, panjang umur dan terus berumbuh dan terimakasih untuk divisi event dan anak-anak SFF. 

Pengumuman

Acara online ulang tahun BBI boleh berakhir tapi untuk BBI jabodetabek, masih ada acara offline, yaitu From Bloggers to Writers yang diadakan pada tanggal 25 April 2015, untuk lengkapnya silakan lihat gambar di bawah. Sepertinya acaranya seru, saya harap teman-teman yang punya waktu, bisa datang. Ada saya juga lho #SiapaGue :D


Salam,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...